Minggu, 07 September 2014

SKRIPSI GUSTI MAHA PUTRI 2410.024



PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE
TIPE STRUCTURED NUMBER HEAD (SNH)
PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
DI  KELAS X MAN 1 PAYAKUMBUH
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SKRIPSI

Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Mencapai Gelar Sarjana
Program Strata Satu (S-1) Pendidikan Matematika





Oleh:

GUSTI MAHA PUTRI
NIM : 2410.024







PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
SJECH M. DJAMIL DJAMBEK BUKITTINGGI
2014 M/1435 H




ABSTRAK


Gusti Maha Putri/2410.024/2014 : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STRUCTURED NUMBER HEAD (SNH) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X MAN 1 PAYAKUMBUH TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih terpusat pada guru, kurangnya aktivitas siswa dan siswa kurang bertanggungjawab melaksanakan tugas yang diberikan guru, siswa merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal. Akibatnya, hasil belajar siswa rendah. Hasil belajar matematika siswa rata-rata di bawah KKM yang telah ditetapkan yaitu 70 dalam hal ini dilihat dari nilai ujian mid semester II tahun pelajaran 2013/2014 di kelas X MAN 1 Payakumbuh. Upaya yang diduga dapat mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative tipe Structured Number Head (SNH). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas siswa dalam model pembelajaran Cooperative tipe Structured Number Head (SNH), serta apakah hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran Cooperative tipe Structured Number Head (SNH) lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas X MAN 1 Payakumbuh tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative tipe Structured Number Head (SNH), serta mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran Cooperative tipe Structured Number Head (SNH) lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas X MAN 1 Payakumbuh tahun pelajaran 2013/2014. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran Cooperative tipe Structured Number Head (SNH) lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas X MAN 1 Payakumbuh tahun pelajaran 2013/2014”.
Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Payakumbuh. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.3 sebagai kelas kontrol. Data penelitian aktivitas siswa diperoleh dari lembar observasi dan data hasil belajar matematika siswa diperoleh dari tes hasil belajar.
Berdasarkan analisis data hasil observasi, aktivitas siswa dengan model pembelajaran Cooperative tipe Structured Number Head (SNH) dengan persentase 79,75% tergolong pada kategori aktif. Pengolahan data hasil tes akhir dihitung dengan menggunakan uji-t. dengan hasil thitung = 2.02 dan ttabel = 1,68. Karena thitung > ttabel berarti H0 ditolak pada taraf nyata α = 0.05, serta dengan menggunakan software MINITAB diperoleh Pvalue = 0,026 yang artinya Pvalue < α  dengan α = 0.05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tolak H0 dan terima H1. Dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran Cooperative tipe Structured Number Head (SNH) lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas X MAN 1 Payakumbuh tahun pelajaran 2013/2014”.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar